TIP MENYANTAP SUSHI YANG TAK BIKIN BADAN GEMUK | ayo-masak.com


Pelaku diet sering memilih kudapan makanan khas Jepang, Sushi, sebagai makanan yang ramah lemak dan kalori ketimbang junk food dan lainnya. Tidak heran, banyak orang lebih menyukai makan sushi dalam porsi besar sebagai makanan khusus pelaku diet.

Tapi, benarkah menyantap sushi sehat dan bikin tubuh cepat langsing?

Carol Ann Rinzler, penulis Nutrition for Dummies mengatakan, sushi adalah makanan rendah lemak. Tetapi, jika kita salah strategi, santap di restoran sushi justru bikin gemuk.

"Agar manfaatnya maksimal, pilih sushi yang kaya akan asam omega 3, lemak tak jenuh yang melindungi jantung, dan menambah kekuatan otak," ujar Rinzler soal tips menyantap sushi yang tak bikin badan gemuk.

Ia menyarankan ikan salmon dan tuna yang selain rendah kalori juga kaya protein, omega 3, dan vitamin D.

Jangan lupa pakai wasabi
Wasabi yang berwarna hijau itu kaya akan antioksidan. Kandungan antibakterinya juga bermanfaat membuat perut tetap sehat kendati kita makan daging ikan mentah.

Hindari gorengan
Margaux J Rathbun, ahli gizi dan pendiri situs nutrisi Authentic Self Wellness menyarankan kita untuk tak memesan sushi crunchy rolls yang bahannya digoreng untuk mendapatkan kriuk yang lezat.

Fokus ke menu mentah, dipanggang atau direbus
"Satu sushi favorit saya adalah sashimi, karena berupa ikan kaya protein tanpa tambahan nasi atau bahan lain," kata Rathbun.

Tambahkan sayuran dan rumput laut
Banyak sushi restoran memakai bahan seperti ketimun segar, alpukat, dan rumput laut. "Rumput laut juga kaya akan gizi, seperti vitamin K, magnesium, dan folat," ujar Rathbun.

Jangan lupakan jahe merah
Selain ada wasabi, sushi juga menyertakan irisan jahe merah. Jahe ini bukan hanya hiasan, sebaiknya Anda memakannya.

"Jahe membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh melawan mikroba dan virus. Di samping itu juga merupakan sumber potasium, magnesium, copper, dan mangan," kata Rathbun.

Kurangi garam
Katie Clark, ahli gizi dari San Diego dan blogger FiberIstheFuture.com, menyarankan pencinta sushi untuk mengurangi kecap asin yang tidak rendah garam.

Hindari mayones
Tidak sedikit sushi lezat yang dilumuri mayones. "PIlihlah jenis sushi yang tak ada mayones atau isian krem. Sushi dengan mayones ini bukan sushi asli Jepang," kata Clark.

Pesan juga sup miso atau salad
Satu porsi sushi roll biasanya terdiri dari enam potong. "Bila Anda masih lapar, ganjal perut dengan salad dan sup miso," katanya.

Sumber: KompasHealth

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment